Sibuk Kerja dan Cuma Geber Olahraga Sabtu-Minggu? Ini Efeknya Bagi Tubuh

2014-04-28 10:07:08

Jakarta, Padatnya aktivitas dan beban pekerjaan kerap menjadi alasan mengapa seseorang tak sempat berolahraga kecuali di akhir pekan. Bukannya menyehatkan, kebiasaan ini justru bisa memberi efek negatif terhadap kesehatan, lho.

"Pada prinsipnya direkomendasikan olahraga 3 kali per pekan supaya dilakukannya tidak berturut-turut. Waktu itu pasti ada, it's a choice, our lifestyle. So make time," tegas dr Grace Tumbelaka, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga, di sela-sela acara 'Exercise is Medicine' yang diselenggarakan di The Sultan Hotel, Jl Jend Gatot Soebroto, Jakarta, dan ditulis pada Sabtu (26/4/2014).

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh dr Inggriani Husen, SpKO, atau akrab disapa dr Inge. Ia membenarkan pentingnya menyediakan waktu untuk berolahraga secara berselang dalam sepekan, tak langsung 'dihajar' dalam dua hari di akhir pekan alias Sabtu dan Minggu saja. Mengapa?

"Aktivitas fisik itu efeknya bertahan 48 jam. Jadi kalau cuma olahraga Sabtu dan Minggu, kira-kira di hari Rabu itu sudah hilang efeknya," terang dr Inge.

Oleh sebab itu, jika dilakukan secara berselang, efek positif yang dirasakan tubuh akan lebih banyak. Badan akan menjadi sehat dan bugar lebih rata.

"Kalau memang benar-benar tidak sempat olahraga, setidaknya perbanyak aktivitas fisik di hari kerja. Misalnya kerja di gedung A, tapi parkir di gedung C, jadi bisa jalan kaki. Juga lebih memilih untuk naik tangga ketimbang menggunakan lift. Semua bergantung pilihan," tutur dr Grace.

Sumber : detikHealth

Diskusi

  • Bagaimana penanganan pasien yang baik ?

    ...

Testimoni

Jl. Salemba Raya 41, Jakarta Pusat 10440
Telepon : 021 - 390 4441 Extc. 2437, :( 021)-3103392 (Langsung), Fax : 021 -3103392, Email : ppkcarolus@gmail.com

© 2014. Copyright ST Carolus Indonesia. All Right Reserved.